(061) 8216211 narkoba@medanplus.com

Sejarah Divisi Narkoba Yayasan MedanPlus

Ada perjalanan yang sangat panjang dibalik berdiri nya Yayasan MedanPlus terkhusus pada salah satu divisi kami yang berfokus pada penanganan Korban Narkoba. 

 

“KITA AKAN TERUS BERJUANG SAMPAI STIGMA DAN DISKRIMINASI
TERHADAP ODHA DAN KORBAN NARKOBA TIDAK ADA LAGI.”

 Yayasan MedanPlus

awalnya hadir sebagai organisasi berbasis komunitas Orang Dengan HIV AIDS (ODHA) dan Korban Narkoba di Kota Medan, Sumatera Utara.

Lahirnya organisasi ini berawal dari bertemunya beberapa orang mantan pecandu narkoba yang sebagian diantaranya terinfeksi HIV di Kota Medan pada tahun 2002. Perjumpaan tersebut bisa terjadi karena adanya  kerja sama antara Yayasan Galatea Medan, Yayasan Kolam Bethesda Medan dan Yayasan Spiritia Jakarta.

Hal itu akhirnya mendorong rasa kepedulian dan keinginan untuk berdaya meskipun narkoba dan HIV sudah terlanjur menjadi bagian dari kehidupan mereka. Dengan niat tulus dan keberanian yang ada, maka didirikan sebuah organisasi komunitas Korban Narkoba dan ODHA di Medan pada tanggal 23 September 2003 yang bernama MEDANPLUS. Pada saat itu masyarakat dan negara belum siap menerima keberadaan orang yang terkena HIV ataupun narkoba. Situasi itu membuat keadaan lebih buruk bagi orang yang terinfeksi HIV dan narkoba untuk dapat melanjutkan kehidupannya.

Yang sering terjadi adalah maraknya tindakan diskriminatif dan stigmatisasi kepada komunitas ODHA dan Korban Narkoba oleh masyarakat dan negara. Perhatian dan kepedulian yang minim dari negara meningkatkan angka kesakitan dan kematian pada komunitas ODHA dan Korban Narkoba.

Penolakan keberadaan ODHA dan Korban Narkoba di sebuah keluarga dan lingkungan juga menjadi tantangan bagi MedanPlus. Penyediaan layanan kesehatan yang berkualitas dan bersahabat terhadap komunitas masih sangat jauh dari ideal. Keadaan yang memprihatinkan itu dapat dipahami oleh Medan Plus oleh karena masih minimnya informasi dan pengetahuan mengenai HIV dan Narkoba di masyarakat dan negara.

Tetapi tak bisa dipungkiri akibat dari semuanya ini menimbulkan jatuhnya korban dari komunitas HIV dan narkoba  yang harus sakit, meninggal dunia ataupun dapat bertahan hidup walau mengalami diskriminasi. Hal ini menjadi perhatian bagi MedanPlus untuk memperjuangkan terjadinya perubahan ke arah yang lebih baik.

Perjalanan organisasi dimulai dengan tidak mudah, tetapi hal tersebut bermanfaat untuk membuat komitmen dari orang-orang yang terlibat pada organisasi ini menjadi lebih kuat. Begitu juga waktu demi waktu yang dilalui dapat membuat MedanPlus semakin dimurnikan motivasinya dalam menjalani perjuangan ini. Perlahan tapi pasti perubahan itu terjadi. Semangat untuk menjadi sehat dan peduli terhadap sesama terus bertumbuh dengan alami. Hal tersebut menjadi kekuatan bagi MedanPlus untuk tetap maju sampai mencapai tujuan

Bergabung bersama Kami

Apa Anda punya rasa kepedulian dan mau bersama dengan Kami membantu banyak Korban Narkoba Pulih & #TerbebasdariNarkoba ? Jadilah Volunteer bersama Divisi Narkoba Yayasan MedanPlus. 

 

Join Now

Konsisten menjadi Sehat dan Peduli terhadap Korban Narkoba sejak 2002

anak-anak

REMAJA

ORANG DEWASA

Kami telah memulihkan lebih dari 1000 orang

Dengan segala komitmen dan kerja keras bersama, Yayasan MedanPlus telah menyelematkan lebih dari 1000 jiwa generasi bangsa, untuk #TerbebasdariNarkoba dan berkesempatan mendapatkan kehidupan yang jauh lebih layak dan mempunyai masa depan yang cerah. Kami mengakui, semua pencapaian ini kami raih atas dukungan banyak pihak dan semangat juang tiada akhir.

Datang & Kunjungi Kami

Kami terbuka untuk setiap konsultasi, kerjasama dan informasi seputar Korban Narkoba.

Alamat: Jl. Jamin Ginting Pasar VII No. 45, Kel. Beringin, Kec. Medan Selayang, Kota Medan , Provinsi Sumatera Utara.

Telp: (061) 8216211

w

WhatsApp: +62 811 6322 445

×

Halo!

Selamat datang di Situs Website Divisi HIV AIDS Yayasan MedanPlus, klik pada salah satu Tim Support kami dibawah ini, untuk berkomunikasi dengan kami via WhatsApp atau email Kami ke narkoba@medanplus.com .

× Butuh Bantuan ?